Admin dan keluarga besar tekajeku.blogspot.com mengucapkan "Selamat Hari Guru" - "Ujian Semester Ganjil 2013/2014, dilaksanakan 08 Oktober 2013” - "Materi pembelajaran Pabudi untuk Kelas X (Kurikulum 2013) Mapel Sistem Operasi, dan Kelas XI (KTSP) Mapel Produktif TKJ, untuk sementara dipindahkan ke http://pabudiku.blogspot.com/"

gravatar

Ujian Nasional: Lembar Jawaban Komputer Ujian Nasional (LJKUN)

Sudah pernah UJIAN NASIONAL? Yang pernah merasakan namanya UJIAN NASIONAL, pasti pernah merasakan mengerjakan ujian dengan cara mengisi bulatan dengan bulatan penuh berwarna hitam menggunakan Pensil 2B.

ScannerOCR LJK (Lembar Jawaban Komputer) atau OMR (Optical Mark Reader atau Optical Mark Recognition) adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengubah data yang didapat dari lembar jawaban khusus, dimana lingkaran-lingkaran yang ditandai dipindai (scan) sebagai data digital.

Biasanya digunakan untuk keperluan Ujian, Survey, Kuis dan sebagainya. LJK umumnya digunakan pada soal Pilihan Ganda.

Tentang Lembar Jawaban Komputer…

 

Sejarah LJK  OCR-System-2
Dibuat sekitar 1800-an (dibuat untuk membantu tunanetra), mesin pertama OMR adalah IBM 805 Test Scoring Machine, pada tahun 1930, Richard Warren di IBM bereksperimen dengan rasa tanda sistem optik untuk skor tes, seperti yang didokumentasikan dalam Paten US 2.150.256 (diajukan pada tahun 1932, diberikan pada tahun 1939) dan 2.010.653 (diajukan pada tahun 1933, diberikan pada tahun 1935).

Pertama yang berhasil mark-pengertian Optik Scanner ini dikembangkan oleh Everett Franklin Lindquist seperti yang didokumentasikan dalam US Patent 3.050.248 (diajukan pada tahun 1955, diberikan pada 1962).

 

Cara kerja lembar LJK

1. Sistem satu arah (sinar dari atas)
Sinar dalam scanner LJK, memancarkan cahaya dan membaca kontras yang dipantulkan jejak karbon di kertas (coretan/buletan pensil di kertas maksudnya), selanjutnya diubah menggunakan software ke data digital.
.
2.

Sistem dua arah (transcoptic)
menggunakan dua arah sinar, dari atas dan bawah. Coretan di kertas akan mengurangi pantulan bertemunya kedua sinar, selanjutnya diubah ke data digital.
.

images1

Penggunaan Pensil 2B

Pensil dibuat dari beberapa bahan, yaitu Granit dan Carbon. Granit bersifat keras (Hard-disingkat H) dan Carbon bersifat lunak dan lebih hitam (Black-disingkat B) yang berarti Pensil HB (Hard-Black) yang terbuat dari granit dan karbon biasanya teksturnya agak keras dan goresan di kertas kurang terang dibandingkan 2B (Black-Black).

Penggunaan Pensil 2B (Black-Black) untuk mencegah pudarnya goresan pada kertas, karena partikel karbon (goresan pensil) 2B lebih tahan lama dan agak susah dihapus(kalau dihapus pun masih berbekas) dibandingkan pensil HB.

 

Kertas Lembar Jawaban Komputer

CONTOHLJKUN2011Alasan Kertas Lembar Jawaban Komputer harus baik (tidak boleh; lecek, sobek, terkena keringat) disebabkan lembar tersebut memmpunyai Tanda (Mark) berwarna hitam berbentuk Garis atau Kotak pada sisi Atas, Kanan, Kiri dan Bawahnya agara ketepatan saat pemindaian terjadi lebih presisi kepada lingkaran atau bulatan yang diisi dengan Pensil 2B.

Pengisian bulatan yakni dengan mengisi setiap jawaban yang benar menggunakan Pensil 2B dengan cara membulatkan isian tidak melebihi batas tanda bulatan dan diisi dengan sepekat mungkin, agar saat pemindaian (Scan), data tersebut dapat diartikan sebagai tanda (BENAR).

 

====================================================

Semoga Info ini dapat membantu Anda…
====================================================
Jangan lupa Klik "LIKE" atau "SUKA" pada Posting ini jika membantu Anda... Terima Kasih...

gravatar

Semangat ya untuk kelas XII yang sebentar lagi akan mengadakan UN :)

Semoga kalian lulus dengan hasil yang jujur


By : Dini Oktaviani(Multimedia)Alumni SMK Media Informatika

Silahkan berikan Komentar yang baik...

z


Dukung tekajeku di facebook dengan mengklik "Like" dibawah ini yaaa....

.

Links

Bloggers - Meet Millions of Bloggers
.



..

TWITTER STATUS

,

qrcode

PROFILEKU

ARSIPKU

Penayangan bulan lalu

tEkAjEkU Google Plus

KOPROL STATUS

Iklan




.