Admin dan keluarga besar tekajeku.blogspot.com mengucapkan "Selamat Hari Guru" - "Ujian Semester Ganjil 2013/2014, dilaksanakan 08 Oktober 2013” - "Materi pembelajaran Pabudi untuk Kelas X (Kurikulum 2013) Mapel Sistem Operasi, dan Kelas XI (KTSP) Mapel Produktif TKJ, untuk sementara dipindahkan ke http://pabudiku.blogspot.com/"

gravatar

Tips Pelaksaan Prakerin I

Pada saat pelaksanaan Prakerin dimulai, ada baiknya Siswa telah siap dalam Mental dan Akademis.
Pada awal pelaksanaan di Perusahaan, Kelompok Siswa yang telah disetujui oleh pihak Perusahaan biasanya akan mengalami hal-hal seperti berikut ini...

1. Hari Pertama
Kelompok Siswa Prakerin didampingi Guru Pembimbing Monitoring datang ke Perusahaan untuk menghadap ke Bagian yang menangani Penerimaan Siswa Prakerin.

Pihak Perusahaan akan menunjuk seseorang untuk mendampingi Kelompok Siswa selama Pelaksanaan Prakerin. Kelompok Siswa akan melakukan Tour Perkenalan di Perusahaan dan Perusahaan akan memberikan pengetahuan Sejarah, Struktur, Sistem Kerja Perusahaan yang dibutuhkan oleh Siswa.

Pembimbing Perusahaan akan memberikan rincian dan instruksi pekerjaan yang akan dilakukan para Siswa yang diselingi dengan program pemberian materi yang dikorelasikan dengan Materi Produktif di Sekolah, dan tak lupa memberikan aturan dan Tata Tertib di Perusahaan.

Segala sesuatu yang berhubungan dengan Kelompok Siswa Prakerin di Perusahaan tersebut dijembatani oleh Guru Pembimbing Monitoring dan Pembimbing di Perusahaan.

Hal penting yang dilakukan Siswa adalah mengisi Jurnal Prakerin; Tanggal, Jam Masuk, Jam Keluar dan Aktifitas yang dilakukan pada tanggal dan hari tersebut, serta jangan lupa meminta Paraf Pembimbing Perusahaan setiap hari.

Guru Pembimbing Monitoring Sekolah akan mengisi Jurnal Monitoring pada setiap kunjungan ke Perusahaan.
2. Hari Kedua
Siswa datang sebelum jam kerja dimulai dan jangan lupa mengisi Jurnal.
Siswa melakukan Instruksi yang diberikan oleh Pembimbing Perusahaan dan memperoleh penambahan materi pembelajaran.

Pada saat istirahat siang (setelah makan siang) Siswa melakukan Review atas pekerjaan. Tanyakan kepada Instruktur/Pembimbing apabila menghadapi masalah dengan materi.

Jangan lupa mencatat aktifitas pekerjaan pada Jurnal dan meminta Paraf Pembimbing pada saat menjelang pulang (catat jam pulang).
3. Hari Ketiga s.d H-1
Lakukan pekerjaan rutinitas sambil melakukan Review bersama Pembimbing di Perusahaan.

Disaat-saat tertentu, Guru Pembimbing Monitoring akan melakukan kunjungan ke Perusahaan untuk melihat perkembangan pelaksanaan Prakerin.

Pada saat beberapa hari menjelang berakhirnya Prakerin, Siswa memberitahukan/melaporkan kepada Pembimbing Perusahaan mengenai tindak lanjut Prakerin.

Pembimbing Perusahaan akan merekapitulasi dan melakukan penilaian kepada Siswa secara personal dan/atau kelompok.

Siswa menghubungi Guru Pembimbing Monitoring mengenai perihal berakhirnya Kegiatan Pelaksanaan Prakerin.
4. Hari Terakhir Prakerin
Siswa dan Guru Pembimbing Monitoring akan datang ke Perusahaan dan bertemu dengan Bagian Prakerin di Perusahaan mengenai perihal berakhirnya kegiatan Prakerin atau diistilahkan dengan Penjemputan Siswa Prakerin.

Pihak Sekolah akan memberikan kenang-kenangan ke Perusahaan sebagai tanda terima kasih telah mengadakan Pendidikan Sistem Ganda.

Pihak Perusahaan akan memberikan berkas yang berhubungan dengan Prakerin Siswa, diantaranya; Surat tanda selesai Prakerin dan/atau Sertifikat Prakerin serta Transkrip Nilai Prakerin.

Selain itu Siswa yang melaksanakan kegiatan Prakerin, tetap Wajib masuk Sekolah pada hari Sabtu dikarenakan Perusahaan biasanya mempunyai hari kerja Senin s.d Jumat, kecuali beberapa Perusahaan yang telah bersepat dengan Sekolah apabila hari Sabtu tetap masuk.
Siswa masuk setiap hari Sabtu mempunyai kesempatan untuk Share dan Review mengenai pembuatan Karya Tulis dengan Guru Pembimbing Materi Produktif dan Pembimbing Teknik, yang ditunjuk oleh Sekolah.
Dalam melakukan Bimbingan pembuatan Karya Tulis, Siswa sebelumnya telah menghubungi pada Pembimbing Karya Tulis tersebut untuk sikronisasi Jadwal Bimbingan.
Nah, persiapkan diri Anda agar pada Pelaksanaan Prakerin dapat berjalan lancar dan anda mendapatkan ilmu-ilmu terapan yang baru guna bekal dimasa mendatang agar Anda menjadi seseorang yang mumpunyai dalam Dunia Usaha/Dunia Industri.
Anda dapat bergabung di Group Prakerin Meatik dan Group tEkAjEkU untuk dapat Sharing bersama dengan Kelompok Prakerin dan Guru Pembing masing-masing.
Semoga.

R. Budi S.,S.Kom


Link terkait:
Logo Meatik
Pages Tekajeku di Meatik
Follow tEkAjEkU
Group tEkAjEkU
Group Prakerin Meatik

Silahkan berikan Komentar yang baik...

z


Dukung tekajeku di facebook dengan mengklik "Like" dibawah ini yaaa....

.

Links

Bloggers - Meet Millions of Bloggers
.



..

TWITTER STATUS

,

qrcode

PROFILEKU

ARSIPKU

Penayangan bulan lalu

tEkAjEkU Google Plus

KOPROL STATUS

Iklan




.