Admin dan keluarga besar tekajeku.blogspot.com mengucapkan "Selamat Hari Guru" - "Ujian Semester Ganjil 2013/2014, dilaksanakan 08 Oktober 2013” - "Materi pembelajaran Pabudi untuk Kelas X (Kurikulum 2013) Mapel Sistem Operasi, dan Kelas XI (KTSP) Mapel Produktif TKJ, untuk sementara dipindahkan ke http://pabudiku.blogspot.com/"

gravatar

Work Project 2011/2012

Penilaian Otentik adalah penilaian yang mengukur kemampuan Peserta Didik dalam kemampuan Kognitif, Afektif dan Psikomotorik.
Bahan evaluasi dapat dikumpulkan sebagai produk yang sebenarnya, sebagai contoh tes prestasi standar yang didasarkan pada beberapa kriteria. Penilaian unjuk kerja juga memiliki norma-norma, namun pendekatan filsafatnya jauh berbeda dengan tes standar pada umumnya.

Konsep dasarnya adalah para siswa harus menghasilkan bukti pemenuhan tujuan Kurikulum Produktif yang dapat digunakan sebagai Kumpulan Bukti Prestasi.
Project Work menerapkan pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek yang menghasilkan suatu hasil proyek yang dapat diamati, dianalisa secara langsung dan nyata.
Pada Project Work yang dilaksanakan di SMK Media Informatika Jakarta 2011/2012 mengacu kepada Uji Kompetensi Nasional 2010/2011 yang sangat berhubungan erat dengan Uji Kompetensi Nasional di tahun ajaran yang berikutnya.
Peserta Didik membuat atau mengajukan Proposal Kerja, Praktikum yang dibimbing oleh Guru Bdang Produktif masing-masing, yang kemudian disampaikan dalam secara lisan dalam bentuk Presentasikan dihadapan Penguji dan membuat Laporan Hasil Kerja secara tertulis.
Metode tersebut tidak hanya meningkatkan kreativitas Peserta Didik tetapi juga kemampuan Peserta Didik dalam tanggungjawab, sosialisasi dan berkomunikasi.
Hasil pengamatan dan pembahasan dari pengembangan sistem evaluasi ini dapat disimpulkan bahwa Project Work lebih tepat digunakan sebagai Sistem Evaluasi Produktif untuk Kopentensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, Multi Media dan Rekayasa Perangkat Lunak yang mampu meningkatkan hasil kerja siswa.
Sarana dan prasarana yang memadai serta peningkatan kerjasama dengan Dunia Usahan/Dunia Industri dibutuhkan agar evaluasi produktif dengan metode Project Work ini lebih efektif.

UKK
Keterangan:
* Perkiraan Jadwal diatas hanya bersifat sementara.
* Penjadwalan akan disosialisasikan kemudian oleh Ketua Kompetensi Keahlian.
* Contoh Proposal Project Work dapat diunduh [disini]

Silahkan berikan Komentar yang baik...

z


Dukung tekajeku di facebook dengan mengklik "Like" dibawah ini yaaa....

.

Links

Bloggers - Meet Millions of Bloggers
.



..

TWITTER STATUS

,

qrcode

PROFILEKU

ARSIPKU

Penayangan bulan lalu

tEkAjEkU Google Plus

KOPROL STATUS

Iklan




.